Hot News
  • Single

Begini 5 Cara Merespons Pertanyaan 'Kapan Nikah' di Hari Lebaran

Begini 5 Cara Merespons Pertanyaan 'Kapan Nikah' di Hari LebaranDisneyrollergirl.net

Wah, nggak terasa sudah mendekati Lebaran nih, Bela. Di hari penuh kemenangan ini, biasanya kita akan bertemu keluarga besar yang sudah lama nggak kita jumpai. Selain saling bermaafan, menanyakan kabar juga menjadi pembicaraan seru di tengah kumpul keluarga saat Lebaran. Tapi gimana kalau ada yang tanya kapan menikah?

Advertisement

Buat kamu yang masih sendiri atau sudah punya pacar tapi belum merencanakan pernikahan, pertanyaan ini memang terdengar menjengkelkan. Kamu sudah menyiapkan kata-kata yang pas belum untuk menjawab pertanyaan ‘sakti’ tersebut? Kalau belum, kamu bisa tiru beberapa jawaban yang Popbela rangkum di bawah ini.

beri-senyuman-manis-b69d0e1bf03df1d9a5029e8f812b1525.jpg

Menjawab pertanyaan menyentil tersebut kadang membuat kesal, ya. Tapi mengingat ini adalah momen Lebaran dan merupakan hal yang wajar jika ada keluarga jauh yang menanyakan hal tersebut, maka sikap pertama yang perlu kamu tunjukkan adalah memberikan senyuman. Tersenyum akan membuat emosimu perlahan menurun dan kembali netral.

beri-senyuman-manis-1-7ab322506203a3227dff740c0aa5d674.jpg

Kalau ada yang tanya “Kapan nikah?” dan kamu nggak mau terlibat pembicaraan terlalu panjang, kamu bisa menjawab “setelah Lebaran” dengan singkat. Setelah Lebaran ini bisa bermakna banyak, kok. Bisa Lebaran tahun depan, 2 tahun lagi, 3 tahun lagi, yang jelas setelah Lebaran. Umumnya para pengantin yang ingin menikah di pertengahan tahun juga akan menunggu bulan Ramadan dan Lebaran selesai untuk mengikat janji suci.

beri-senyuman-manis-2-2fe0251706084c812a8a6fd132f09253.jpg

Kalau kamu punya waktu banyak atau sudah gemas dengan pertanyaan tersebut, kamu bisa menjelaskan secara baik-baik dan bijak tentang pernikahan. Katakan bahwa Tuhan telah menciptakan makhluknya berpasang-pasangan, dan bila sudah datang waktu yang tepat dengan orang yang tepat, maka menikah sudah menjadi rencana selanjutnya.

Advertisement
beri-senyuman-manis-3-7982c5f2083bdc605356caaa5c4a70ab.jpg

Salah satu cara paling mudah untuk kamu tiru ketika ditanya kapan menikah adalah meminta doa dari penanya tersebut. Kalau kamu sudah punya kekasih, mintalah doa supaya hubunganmu terus harmonis dan diberi keyakinan untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Jika kamu masih sendiri, mintalah doa supaya segera dipertemukan dengan jodohmu.

beri-senyuman-manis-4-da1f56661677b58330a376b84a44a9a7.jpg

Jika dia adalah sepupu, keponakan atau saudara yang seumuran denganmu dan belum menikah, maka kamu bisa menanyakan balik pertanyaan tersebut padanya. Biasanya dia juga akan bingung merespons pertanyaan tersebut jika belum punya rencana. Jika dia menjawab tentang rencana pernikahannya, kamu bisa menanyakan tentang detail rencananya sehingga pelan-pelan dia melupakan pertanyaan tersebut. Namun jika yang bertanya adalah orang yang lebih tua, maka alihkan pertanyaan dengan meminta tips bagaimana mempersiapkan pernikahan atau menemukan orang yang tepat.

Nah, sekarang nggak bingung lagi kan ketika ditanya “Kapan nikah?”

BACA JUGA: 7 Pertanyaan yang Akan Muncul Ketika Kumpul Keluarga Saat Lebaran​

Advertisement
line

Related Articles

Comments

See More Articles