Hot News
  • Dating

7 Fakta yang Perlu Diketahui Agar Hubungan Cinta Bertahan Lama

7 Fakta yang Perlu Diketahui Agar Hubungan Cinta Bertahan LamaUnsplash.com/Gul Kurtaran

Banyak cara yang dapat kamu lakukan jika ingin mempunyai hubungan cinta yang awet dengan pasangan. Hubungan cinta yang bahagia membutuhkan komitmen dari kedua belah pihak untuk terus berusaha membuat lingkungan yang menyenangkan dan emosi yang stabil. Berikut ada 7 fakta berbasis sains yang menjadi kunci sukses dalam sebuah hubungan, yang dilansir dari Bright Side.

1. Cemburu ada dalam genmu

kecemburuan-ada-dalam-genmu-unsplashcom-tord-sollie-c25d70c183a9ca8bb4620fc8459cfd07.jpg
Unsplash.com/Tord Sollie

Suatu pernikahan yang sudah terjalin lama biasanya membuat kamu dan pasangan sudah saling percaya dan terkesan tidak ada lagi rasa cemburu terhadap pasangan. Padahal, untuk membentuk hubungan yang awet tentu saja dibutuhkan rasa cemburu. Sebutan “cemburu tanda cinta” memang benar karena kecemburuan mampu membuat kamu merasa dicintai oleh pasangan. Oleh karenanya, hubungan yang sehat adalah jika pasanganmu tetap memiliki rasa cemburu dan mampu mengungkapkannya dengan cara yang positif. Jangan malu mengatakan bahwa kamu cemburu jika ia terlihat sangat dekat dengan wanita lain.

2. Rasio kebahagiaan pasangan

rasio-kebahagiaan-pasangan-unsplash-brooke-winters-885d38ef00a78b6732fe6292ddac5ad3.jpg
Unsplash.com/Brooke Winters

Sorang ahli hubungan, John Gottman, melakukan penelitian yang mempelajari kebiasaan pasangan untuk membandingkan perbedaan antara pasangan yang bahagia dan yang tidak bahagia. Percobaannya sederhana, yakni dengan meminta para pasangan ini untuk menyelesaikan konflik dalam 15 menit.

Hasilnya, pasangan yang sehat memiliki “rasio ajaib” yang dibutuhkan untuk membuat cinta tetap bertahan. Dalam menghadapi konfik, pasangan yang bahagia cenderung akan menyelesaikan permasalahan dengan lebih lembut dan berusaha tetap positif terhadap pasangannya. Mereka akan memiliki rasio kebahagiaan yang lebih besar daripada pasangan yang cenderung bercerai. 

3. Pentingnya rasa kedekatan dengan pasangan

pentingnya-persahabatan-unsplash-toa-heftiba-516d0321f9b9ae5a12c9f9aa0bbb52d3.jpg
Unsplash.com/Toa Heftiba

Hubungan emosional sangat penting dalam kepuasaan pasangan dan memegang peranan 70% dalam kebahagiaan suatu hubungan. Jadi, jika kamu ingin membuat hubunganmu tetap menyenangkan, makan kamu perlu memikirkan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas kedekatanmu dengan pasangan.

Mungkin kebanyakan orang berpikir alasan perceraian yang kini semakin banyak karena adanya orang ketiga. Namun, sebenarnya penyebab perceraian yang paling sering terjadi ialah karena hilangnya rasa kedekatan antar pasangan. Alhasil, ketika pasanganmu tidak lagi merasa dekat denganmu, maka dia akan mencari orang lain untuk menemukan perhatian, dukungan, dan kedekatan emosional yang tidak ia dapatkan darimu.

4. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal sederhana kepada pasangan

6-jam-untuk-hubungan-lebih-baik-unsplashhuy-phan-d647288e8728292c60510c3fad08171b.jpg
Unsplash.com/Huy Phan

Membentuk hubungan yang bahagia dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal sederhana yang mampu membuat pasangan merasa lebih diperhatikan olehmu. Luangkanlah waktumu untuk lebih peduli kepada pasangan, seperti dengan memberikan pelukan dan ciuman hangat setiap harinya. Ciuman mampu mengurangi stres dan mengembalikan mood positif dari pasangan. 

Selain itu, berikanlah pasanganmu pujian dan apresiasi untuk setiap hal-hal kecil yang berhasil ia lakukan. Hal ini akan meningkatkan harga dirinya dan tentu saja membuat ia bahagia. Terakhir, ciptakanlah malam sebelum tidur sebagai waktu yang romantis untuk kalian berdua. Lakukanlah hal ini minimal seminggu sekali agar hubunganmu tetap terjaga dengan baik.

5. Hubungan yang bahagia bisa membuat kamu lebih gemuk

bikin-gemuk-marcus-wallis-1fdb6541f6985b49e702ee12468f3c27.jpg
Unsplash.com/Marcus Wallis

Sering kita mendengar bahwa seseorang yang lebih gemuk itu karena dirinya bahagia. Rupanya menurut penelitian ilmiah, hal itu benar-benar terjadi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang berada dalam hubungan bahagia akan memiliki berat badan yang bertambah dari sebelumnya. Pasalnya, dalam hubungan yang bahagia, pasangan tak akan mempermasalahkan bobot badanmu yang bertambah dan membuat fisikmu berbeda dari sebelumnya. Kamu pun akan merasa percaya diri karena pasangannya tetap cinta dirimu apa adanya. Namun, tentu saja kamu dapat membuat pasanganmu bahagia dengan menjadi wanita yang sesuai dengan keinginannya.

6. Berbagi tawa

share-happines-isaac-cabezas-4120da9bb5baadaa04a73df45753f73b.jpg
Unsplash.com/Issac Cabezas

Canda tawa memainkan peran penting dalam suksesnya suatu hubungan. Pasangan yang gemar menghabiskan waktu bersama dan menemukan hal-hal positif yang membuat mereka tertawa akan merasa jauh lebih bahagia ketika bersama pasangan. 
Tertawa bersama pasangan menjadi salah satu alasan utama kebahagiaan dalam suatu hubungan. Jika ingin membentuk hubungan yang awet tentu saja luangkan waktumu untuk menemukan hal-hal lucu dan berbagi kebahagiaan dengan pasanganmu.

7. Berbagi pekerjaan rumah bersama

kerjakan-pekerjaan-rmh-bersama-unsplash-soroush-karimi-42b93bf5673ca1e3b9b4040967ffe847.jpg
Unsplash.com/Soroush Karimi

Berbagi pekerjaan rumah tangga turut menjadi kunci bertahannya suatu hubungan pernikahan. Bahkan, pasangan yang bersedia membantu pekerjaan rumah bersamamu ini akan berpengaruh pada kualitas hubungan seksual yang romantis dan bahagia. Ketika pekerjaan rumah lebih ringan, tentu saja tenagamu akan tetap prima sehingga kamu akan memiliki kualitas seksual yang lebih “panas”. Hal ini juga akan memberikan kepuasan pada pasanganmu.

Membentuk hubungan yang selalu romantis dan bertahan lama tentunya nggak mudah jika kamu hanya melakukannya sendiri. Maka, komunikasikanlah dengan pasanganmu untuk membuat hubungan kalian berhasil dengan melakukan hal-hal sederhana untuk membuat pasangan selalu bahagia. Kalau menurutmu, apa yang bisa membuat cinta tetap bertahan, Bela?
 

BACA JUGA: Hanya Pasangan Bahagia yang Melakukan 7 Hal Ini, Bagaimana Denganmu?

line

Related Articles

Comments

See More Articles