• Dating

9 Alasan Mengapa Pacaran Serius Bisa Ubah Hidupmu Jadi Lebih Baik

9 Alasan Mengapa Pacaran Serius Bisa Ubah Hidupmu Jadi Lebih Baik movpins.com

Kalau kamu telah berusia 20an, mungkin kamu sudah mulai memikirkan soal pacaran serius, bukan sekadar main-main lagi. Kamu akan lebih banyak berusaha dan berkomitmen dalam menjalani hubungan dengan pacarmu. Tak hanya menuntut si dia, kamu pun ingin menjadi yang terbaik untuknya. Nah, inilah tandanya kalian mulai masuk ke jenjang pacaran jangka panjang yang serius. Seiring berjalannya waktu, hubunganmu dengannya telah banyak mengubahmu, dalam artian yang baik. Jika kamu belum menyadari apa saja perubahan yang kamu alami, Popbela akan membantumu melihat bagaimana pacaran serius memengaruhi kepribadian dan caramu melihat hidup. 

1. Kamu lebih berempati

video-ltn-com-tw-8defc60efa34c619b51174a8ab26b7dd.jpgpolki.pl

Ketika kamu membangun kedekatan emosional dengan seseorang, kamu akan jadi lebih peka dengan apa yang orang tersebut rasakan. Waktu pacarmu sedang sedih, kamu pun turut merasakan emosinya. Kamu ingin ada di sisinya untuk menenangkannya, meskipun kamu sendiri juga sedih akan hal yang menimpa pasanganmu. Hebatnya lagi, perasaanmu semakin terasah untuk berempati tak hanya dengan pasangan, tapi juga dengan keluarga dan sahabat-sahabat terdekatmu. 

2. Sedikit-sedikit meruntuhkan pertahananmu 

webcicafe-7ef0f8aa2747d053baa179b5e158be45.jpgtsutaya.co.tp

Tadinya kamu membangun dinding pertahanan yang sangat kokoh supaya tak ada yang bisa menyakitimu. Tapi lama-lama kamu membiarkan si dia menembus dinding pertahananmu dan mulai membuka diri. Walaupun tak bisa cepat-cepat, kamu pun bisa menceritakan segalanya pada pacar. Mulai dari hal yang kamu sembunyikan dari orang lain, segala ketakutan dan mimpimu, bahkan luka yang pernah kamu alami dari masa lalu. 

3. Belajar untuk percaya lebih dalam lagi 

fanpop-172356d4b4ee4b450699430dc0d6a644.jpgwww.movpins.com

Pacaran serius itu tak seperti cinta monyet yang setiap menit harus laporan dan saling melarang untuk berinteraksi dengan lawan jenis. Justru hubungan kalian sudah tumbuh lebih dewasa dari itu. Kalian juga bertanggung jawab dan tidak mau menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan pada satu sama lain. 

4. Keegoisanmu sedikit berkurang 

blackfilm-74920a6f990d82c19ec43dc4ba4b88de.jpgfdb.pl

Mungkin dulu kamu menganggap pacarmu harus selalu membuatmu bahagia, no matter what. Tapi sekarang kamu mulai menyadari bahwa menjalin hubungan dengan seseorang itu berjalan dua arah. Kamu juga harus berkompromi dan meskipun kadang kamu yang berkorban, hal tersebut penting untuk dilakukan demi menjaga cinta kalian. Pacaran yang egois itu sudah kelewat zaman pokoknya. 

5. Menekan gengsi untuk minta maaf

acesh-97a286ce6da1f9e4228de6d609d6389c.jpgwww.superiorpics.com

Nah, ini dia yang hanya bisa kamu lakukan kalau sudah benar-benar nyaman dan percaya dalam hubungan kalian. Popbela tahu, meminta maaf itu tak mudah sama sekali. Namun, kamu sekarang sudah mau melihat bahwa kamu tak selalu benar. Saat melakukan kesalahan, kamu pun belajar untuk mengakuinya dan meminta maaf dengan tulus. Dengan catatan kamu tak mengulanginya lagi, ya. 

6. Kamu menghapus beberapa kebiasaan burukmu 

imagozone-05e0ddc12418c6bc318d8d7a063c98ee.jpgcomingsoon.it

Sebelum mulai menjalin cinta dengan si dia, kamu mungkin baru akan membalas pesan-pesan di LINE atau Whatsapp berjam-jam bahkan berhari-hari kemudian. Tapi lama-lama hal itu berubah karena kamu tahu seperti apa rasanya ketika tak mendapat kabar darinya. Masih banyak lagi contoh kebiasaan buruk yang perlahan kamu hapus dari hidupmu seperti kebiasaan marah yang meledak-ledak atau ngaret. 

7. Kamu mulai menyadari apa saja prioritasmu

thefilmstage-3a583b8e3e4db58d868b1ca163da3fd7.jpgthefilmstage.com

Kamu jadi mempertimbangkan kembali apa saja yang kamu anggap penting dalam hidupmu karena kamu begitu peduli terhadap seseorang, Kamu akan dihadapkan dengan pilihan setiap harinya, misalnya bekerja lembur atau pergi makan malam dengan pasangan. Contoh lain misalnya lebih baik menemani adikmu belanja atau ikut pacar menghadiri acara keluarganya? 

8. Tambah wawasan dan pengalaman

fanpop-2-2e4942c042d6fef578f74c3458c9b375.jpgokchicas.com

Menyatukan dua orang berarti masing-masing akan mendapat dua kali lipat wawasan dan pengalaman dari hidup pasangan. Mungkin pacarmu bekerja di bidang yang jauh berbeda dari pekerjaanmu dan setiap hari dia menceritakan soal masalah-masalahnya di kantor padamu. Kamu pun jadi tahu lika-liku bidang pekerjaannya. Atau kamu punya minat yang berbeda dengannya, kamu pun akan berbagi pengalamanmu dengannya. Bahkan latar belakang sosial dan keluarga yang berbeda pun bisa memperluas cakrawala kalian berdua. 

9. Pandanganmu tentang cinta bisa berubah

filmaffinity-f4ed5fb061eb64a059a99393238d8bc5.jpgfilmaffinity.com

Dulu menurutmu cinta persis seperti di drama-drama Korea dan sinetron yang kamu tonton. Penuh drama dan pria tampan, tapi segalanya mungkin. Setelah kamu serius menjalani hubungan dengannya, kamu pun bisa melihat bahwa cinta itu memang indah, tapi harus realistis juga. Pacarmu mungkin tak memenuhi kriteria yang telah kamu tetapkan sebelum bertemu dengannya, tapi tak jadi masalah karena kamu bisa belajar mencintai segala ketidaksempurnaannya. 

Apabila kamu sudah merasakan perubahan dirimu dalam sembilan hal di atas, tandanya hubungan kalian sudah menapaki jenjang yang serius dan dalam. Kalian sama-sama tumbuh jadi pribadi yang lebih baik dan dewasa. Mungkin selama ini dialah jodohmu, Bela! Semoga tetap langgeng, ya. 

BACA JUGA: Yang Sudah Pacaran Serius, Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini Sebelum Bertunangan​

line

Related Articles

Comments

See More Articles

11 Jenis Pujian yang Diam-diam Disukai Pria

3 Jurus Ampuh Atur Pengeluaran Saat Gaji Naik

Menikmati Keindahan dari Tebing Warna-Warni di Santorini Yunani